Programming is an art

Mimpi dan realita terkadang memang terkadang berbeda. Terkadang melesat jauh dari yang kita harapkan. Terkadang juga bisa terpenuhi melebihi ekspektasi pribadi kita.

Beberapa waktu ini idealisme ku sedang di "utik-utik" oleh pekerjaanku.
Aku menyukai "pekerjaanku" dan sangat berminat di dalamnya. Sebuah profesi yang membutuhkan ketenangan, kreatifitas. logika dan daya penalaran yang cukup menguras otak.Tapi buatku ini sangat menyenangkan. Jiwaku terasa bergelora saat berada di tengah-tengah "medan pertempuran" di dalam profesi ku.
Profesi sebagai seorang developer. Kata orang menjadi developer -istilah lainnya programmer komputer- adalah pekerjaan yang membosankan karena berkutat dengan si kotak, berikut perangkat tuts qwerty dan tetikus-nya. Tidak ada yang lain. Semuanya telah menyatu ke dalamnya.
Bahkan dunia pun hanya sebatas halaman putih bertuliskan Google. Sebuah ide sederhana yang telah disulap menjadi revolusi di abad ini.Begitu menakjubkan dan tidak terbayangkan.

Dibalik pro-kontra menjadi seorang developer, aku sendiri memiliki keyakinan bahwa menjadi programmer adalah sebuah pekerjaan seni.
Bagiku bahasa,script pemrograman dan database merupakan seni tersendiri. Kode-kode itu dapat terlihat indah saat kita bisa melihat dengan hati.
sayang bahan seni yang kukenal seringkali di buat hanya sebatas menjadi komoditi komersial. Dimana hasil yang selalu menjadi prioritas dan tidak
memperhitungkan proses di dalamnya "with heart".

Budaya copy-paste, spagetti code dan perancangan kode yang seringkali hanya berorientasi pada tampilan akhir. Bagiku itu merusak seni pemrograman
yang kukenal. Tapi mungkin ini hanya lah sebuah pendapat pribadi yang subyektif yang tidak memiliki dasar teori dan hipotesis.
Paling tidak aku hanya ingin mencoba berbagi apa yang kurasakan.

Aku hanya "bermimpi" dimana melalui seni yang ku dalami ini terlahir "masterpiece" lain yang dapat berguna dan membangun bagi orang lain.


Salam
Baca Selengkapnya-..

1 Response to "Programming is an art"

Anonymous Says :
1 Desember 2009 pukul 11.12

Well, aku masih baru terjun ke dunia 'seni jd developer' jd masih harus banyak belajar........

Posting Komentar